Page 6 - FULL_E-modul_REVISI_1
P. 6
Capaian Pembelajaran & Peta Konsep vi
Capaian Umum
Pada akhir fase E, peserta didik memliki kemampuan untuk merespon isu-isu global dan berperan
aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut antara lain mengidentifikasi,
mengajukan gagasan, merancang solusi, mengambil keputusan, dan mengkomunikasikan dalam bentuk
projek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi teknologi yang tersedia terkait dengan
nanoteknologi dan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Semua upaya tersebut diarahkan pada
pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Melalui
pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula akhlak mulia dan sikap ilmiah seperti
jujur, objektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.
Capaian Per Elemen
Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sesuai kaidah kerja ilmiah
dalam menjelaskan konsep kimia dalam kehidupan sehari hari; menerapkan konsep kimia dalam
pengelolaan lingkungan termasuk menjelaskan fenomena pemanasan global; menuliskan reaksi kimia
dan menerapkan hukum-hukum dasar kimia; memahami struktur atom dan aplikasinya dalam
nanoteknologi.
Peta Konsep